Kamis, 10 November 2011

Google+ Pages, Laman Khusus Pemilik Bisnis

Google+ makin mirip Facebook? Jika dilihat dari feature terbaru yang diperkenalkan hari ini, Google+ Pages, anggapan tersebut bisa jadi menguat.
Google+ Pages adalah laman profil khusus yang disediakan di jejaring Google+, khusus bagi pemilik bisnis dan figur/organisasi publik.
Di halaman awal (Create a Page), beberapa kategori yang dicantumkan antara lain Local Business or Place; Product or Brand; Company, Institution or Organization; Arts, Entertainment or Sports; dan Others.
Apa saja yang bisa dilakukan pemilik akun Google+ Pages? Tidak jauh berbeda dengan feature Facebook Pages, kita bisa di-follow orang-orang yang menyukai brand kita serta berinteraksi langsung dengan mereka dengan posting status, foto, video, dan status tertentu. Antarmukanya pun terasa satu gaya. Hanya saja, Facebook terlihat lebih kaya dengan dukungan apps kustomisasi.
Namun, ada keunikan yang dimiliki Google+ Pages dan tidak ada di Facebook Pages.
Pertama, pemilik Pages dapat bercakap-cakap lewat panggilan video dengan para fans/followers melalui fasilitas Hangouts.
Kedua, pemilik Pages bisa membedakan konten posting untuk ditujukan kepada circle-circle tertentu sehingga pesan yang disampaikan bisa lebih tepat sasaran.
Ketiga, dengan mengeklik ikon “+1” di Google+ Pages, berarti fans/followers turut membantu memperbaiki urutan brand tersebut dalam hasil pencarian Google Search atau Ads.
Sejauh ini, sudah lumayan banyak brands yang mempunyai laman di Google+ Pages, seperti Angry Birds, Barcelona FC, The Muppets, Pepsi, dan Toyota. Cara menemukannya gampang saja, tinggal tambahkan tanda “+” di depan frase pada kotak pencarian Google, contohnya “+ Angry Birds”. Mau langsung mencoba? Silakan kunjungi http://www.google.com/+/business/index.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar